Antrian Online, Permudah Masyarakat Mengakses Layanan Kesehatan Puskesmas Klirong 1
Antrian Online, Permudah Masyarakat Mengakses Layanan Kesehatan Puskesmas Klirong 1
Dulur Sehat Puskesmas Klirong 1, dalam era digitalisasi saat ini, apalagi pada masa transisi antara Pandemi menuju Endemi, sebuah fasilitas kesehatan memerlukan metode layanan cepat dalam hal antrian pengunjung. Sebuah fasilitas kesehatan (Puskesmas) yang merupakan layanan kesehatan terkemuka tingkat kecamatan menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, sehingga tak ayal penumpukan antrian pasien menjadi masalah tersendiri.
Sebagai pengelola faskes, pihak manajemen Puskesmas sudah seharusnya mencari inovasi cerdas dalam mengurangi penumpukan antrian pasien. Puskesmas Klirong 1 meluncurkan inovasi sederhana namun mampu mengurangi penumpukan antrian oasien dengan mekanisme daftar via Aplikasi Whatsapp untuk pendaftaran pasien H-1
Mengapa memilih Whatsapp sebagai aplikasi antarmuka manajemen antrian? Salah satu alasan utama adalah karena kepopuleran aplikasi besutan Meta ini di masyarakat, sehingga pasien tidak canggung dalam mendaftar layanan kesehatan di Puskesmas Klirong 1, terlebih metoda ini tidak menggunakan bot / pembalas pesan otomatis yang cenderung kaku, namun langsung dikelola oleh petugas sehingga akan timbul interaksi yang memudahkan pendistribusian informasi.
Metode manajemen antrian ini sangat mudah digunakan layaknya chatting dengan sesama pengguna aplikasi, namun bedanya isi chatting adalah "memesan antrian" untuk berobat di Puskesmas Klirong 1.
Untuk memesan antrian pasien sangat mudah yaitu tinggal mengirim pesan Whatsapp ke nomer 087-842-801-760 dengan mencantumkan Nama, Nama KK (kepala Keluarga), Alamat, Tgl Lahir, dan Poli yang menjadi tujuan. Setelah ini maka petugas akan segera membalas secara manual pesan dari pasien.
(BPN/EX)